Minggu, 14 Juni 2009

Pulau Sempu, perjuangan melintas alam yang tak terbayangkan (7 Juni 2009)

Perjalanan berlanjut, sampai hari telah menjelang pagi, sayang sekali ga bisa mengambil foto sunrise karena masih berada dalam mobil. Akhirnya nyampe juga di Sendang Biru, kami sarapan dulu walau cuma makan mi instan. Abis gitu siap-siap untuk nyebrang ke pulau Sempu, ko Gwan yang cariin perahu. Aku excited banget, dari rumah udah nyiapin peralatan perang & kostum untuk bergaya buat foto-foto di Sempu.





Sendang Biru



Naik perahu kecil menyebrang ke pulau Sempu. Baru berjalan sebentar, ternyata medan yang dilalui jauh dari perkiraan. Tanahnya licin karena hujan, berlumpur, aku yang memakai sandal jepit langsung merasakan dampaknya. Sandalku lekat di lumpur, jadi tidak bisa berjalan memakai sandal. So, aku lepas sandalku dan berjalan 'cekeran'. Duh, licin sekali, aku ga bisa jalan cepat, sementara ko Gwan, Li Fang & Susi dah berjalan jauuuhhh di depanku...

Lalu terjadilah kecelakaan itu, kaki kananku masuk ke kubangan air lumpur yang di dalamnya ada batu. Aduh, sakit, dan ternyata beneran, kuku jempol kaki kananku terlepas, darah mengalir dengan deras... Aku tahan sakit, aku teriak manggil Li Fang yang udah di ujung jalan, yang tidak mendengar suaraku. Aduh, gimana ini? Baru juga dimulai perjalanan, tidak mungkin balik karena perahu toh baru akan jemput entar sore. Jadi tidak ada kata lain selain maju terus.

Sambil menahan sakit kujalan terus, lalu ko Gwan balik lagi cek, mungkin aku kok kaga keliatan batang idungnya sama sekali. Akhire aku dipinjami sandal gunungnya dan dikasih tongkat buat bantu aku jalan. Tapi itu semua ternyata ga cukup... Saking lambatnya aku berjalan, akhirnya tersusul oleh rombongan bule yang bajunya dah belepotan semua. Setelah itu tersusul oleh rombongan campuran orang Asia, ada 2 co India, 1 ce Hong Kong, 1 ce Thailand, 1 ce Filipina, 1 co Indo (guidenya). Lucunya aku pertama dikira orang Taiwan ato some kind like that. Mereka menanyakan kok aku sendirian, yah kubilang dah ditinggal ama temen-temenku, "your friend are so bad" :p

Aku sempet kecebur di kubangan air lumpur yang dalam sampe ga bisa apa-apa. Kupikir mampus aku kesedot lumpur hisap. Untung ada orang-orang itu sehingga aku dibantu lepas dari sana. Tapi karena sandalnya berlumpur, ga bisa pakai sandal, cekeran lagi. Licinnya sampai terpeleset berkali-kali. Akhirnya dengan dibantu oleh cowok India (yang namanya "Shanezy" kalau ga salah ingat :p), nyampe jugalah di Segara Anak. Seandainya mereka pun meninggalkan aku, ga tahu deh gimana nasibku :p Itu dah dibantu pun, dah makan waktu jalan 3-4 jam, gimana kalo enggak? :p

Nyampai di Segara Anak, memang keren, laguna terkurung seperti di film "The Beach" nya Leonardo DiCaprio. Langsung dah aku menceburkan diri ke air. Airnya asin, maklum air laut. Wah aku lupa bawa kacamata renang. Yah pokoknya bermain air deh sampai ke tengah. Jempol kakiku terasa nyeri-nyeri, aku ga terlalu berani lihat deh. Cuma aku & Li Fang yang main air, Susi di dalam kemah baca buku, ko Gwan membersihkan sandalnya yang aku kotorin :p

Sudah hilang moodku untuk mejeng di sana, sia-sia dah bawa banyak peralatan :p Biar gitu ya tetep motret lah, jadi sehabis puas nyebur aku pun jepret-jepret sebentar, sayangnya air sudah agak surut. Hasil jepretannya pun aku ga berapa puas :( Sementara aku motret-motret, yang lainnya bongkar tenda. Harusnya dari situ ada tempat naik tapi karena kondisi kakiku yang dah seperti itu, ga minat deh.



Segara Anak yang airnya dah surut



Yah, selesai, jalan balik pulang. Kali ini pun aku ditinggal sendirian di belakang, ko Gwan ga meminjamkan sandalnya lagi padaku (yah ga nyalahin sih, soale ampir aja tuh sandal ilang di dalam lumpur, apalagi kubikin kotor tapi aku ga bersihin :p) Jempolku kukasih hansaplast & dibungkus tissue plus karet, tapi bener saja, langsung copot setelah 15 menit berjalan.

Berjalan tertatih-tatih, penuh perjuangan antara hidup & mati (hiperbola banget yah :p), sendirian di dalam hutan, hari menjadi gelap, mau nangis juga percuma, cuma mbatin aja kok arek-arek tega banget yah ninggalin aku yang dalam kondisi seperti itu. Aku ga ambil pusing dah, paling-paling kalo dah ga bisa jalan lagi, aku akan duduk saja di situ merenungi nasib.

Untung aja ada 3 nelayan yang sakno ngelihat kondisiku, jadi aku dipinjami kaos kaki & sepatu, akhirnya jalanku bisa lumayan cepat. Mereka juga membawakan ranselku dan menuntun lewat medan yang mengerikan di tengah gelap malam itu. Di tengah perjalanan ketemu Li Fang & Susi, akhirnya kami ber-6 sama-sama ngelanjutin perjalanan. Yang lucu tuh nelayan bilang kalo dia nolongin aku karena kasihan nanti kalo aku jadi benjut pacarku bakalan ga mau lagi hihihi.

Setelah penuh perjuangan berat akhirnya nyampe juga di 'stasiun' di mana ko Gwan sudah nunggu sedari tadi. Dia bilang sih emang dia jalan duluan di depan biar bisa siapin perahu tapi ternyata batterai HPnya abis jadi dia ga bisa apa-apa, just wait there :p Cuma dia yang simpan no HP tukang perahu yang tadi ngantar, terus ternyata Li Fang kaga bawa HP, jadi pinjam punya Susi untuk telp pak Ilham buat nyari tukang perahu itu. Nah lho, seandainya ga ada nelayan tuh tadi gimana nasib gua?? Aku ga punya no HP Susi, yang aku punya no nya Li Fang & ko Gwan, terus gimana cara hubunginnya dong...

Ya untunglah Tuhan baik dan ternyata masih ada orang-orang baik di dunia ini :)

0 komentar:

Posting Komentar