Rabu, 12 Agustus 2009

Jambore Jejak Petualang @ Ranca Upas

Ngikut jejak petualang? Tuh acara yang ada di TV Trans 7? Sebelumnya bahkan kaga pernah terlintas di kepala gua. Tapi berhubung aku sekarang sudah resmi menjadi pasangan seorang pecinta alam, so... "jia ji bian cheng ji, jia niu bian cheng niu"

Semula kami berencana pergi ber-3 bersama Li Fang, tapi akhirnya Li Fang ga jadi ikut padahal dah bayar tuh. Yah dia sungkan karena cuma ber-3 & dia bakal menjadi 'nyamuk' :p padahal sih fine2 aja kalo dia ngikut.

Siap2 berangkat, dengan bawaan segini banyak :p

Perjalanan dimulai tgl 6 dengan naik KA malam dari Surabaya & nyampe di Bandung di pagi hari. Kami sempet melihat sunrise dari atas KA sayangnya ga bisa ambil foto yang bagus karena KA nya lari kenceng :p

sunrise

Setelah nyampe di Bandung, kami menunggu teman, Woldy sekeluarga (pendaki gunung juga, temennya koko) yang naik KA dari Jombang. Abis semuanya ngumpul, kami menyewa mobil untuk ke Ranca Upas karena lokasinya lumayan jauh & pake kendaraan umum bisa sih tapi dengan bawaan segitu banyak berdesakan dengan penumpang lain belum lagi stop2nya.

Akhirnya kami nyampe di perkemahan Ranca Upas sekitar jam 11, lokasi masih sepi karena masih baru sedikit yang datang & peserta masih ditunggu sampai besok pagi karena mungkin masih ada yang bekerja. Baru nyampe langsung ada ibu2 yang nawarin strawberry 1 bungkus seharga 10rb, kelihatannya emang menarik & koko seneng tuh buah (sementara aku enggak). Selain itu ada juga yang jual bakso & makanan lain, di bawah juga masih banyak kios walaupun belum buka, jadi kaga kuatir bakal kelaparan disini deh :)

Selain itu hal yang menyenangkan lainnya adalah adanya pemandian air panas, pertamanya mbayar tapi habis gitu digratisin ama panitia karena terlalu bnyk peserta, kekurangan kamar mandi :p
Sambil nunggu pembagian lapak untuk mendirikan tenda kami makan strawberry bersama Woldy & keluarganya. Setelah membangun tenda kami pergi ber-jalan2 ke sekitar, di dekat situ ada Kawah Putih, tapi karena sudah sore kami ga masuk karena jalannya masih jauh, padahal aku pingin ke sana karena denger dari teman disitu tempatnya bagus. Kami meneruskan perjalanan & menemukan kebun strawberry.

Habis makan malam di warung, kami balik ke tenda, udara mulai dingin sampai aku mesti pakai baju ber-lapis2 + jaket ber-lapis2 & meringkuk di balik sleeping bag :p

Esok paginya koko memasak buatku hehe. Hari ini dah dimulai kegiatan jambore, pertama kumpul2 untuk acara pembukaan. Tapi sementara orang2 ribut sendiri, gua jeprat-jepret aja deh :)

Sponsor

Acara kegiatan pilihan aku berpisah dengan koko, aku ngikut fotografi alam, koko ngikut survival. Kami dibagi ke dalam kelompok2, tapi groupku kurang sip deh kayaknya, so yah nggak terlalu dapat ilmu baru, just jalan2 & jepret2 deh. Yang jelas jalannya datar2 aja, ga ada something yang menantang, kalo ada yang susah juga sudah ada yang siap bantuin ngelewatin hehe

Selesai acara sudah sore, habis itu pilih2 foto buat diikutin lomba, tapi yah nurutku ga ada yang wow dari hasil jepretanku & ternyata emang ga ada yang menang :p

Hari terakhir, pagi hari acara tanam tapi aku ga ikutan, di tenda aja ringkes2. Setelah itu menunggu angkutan yang ternyata lamaaaa, sampai siang jam 3an baru datang. Yah tahu gitu mestinya jalan ke kawah putih dulu. Foto tenda dulu sebelum dibongkar & the only foto berdua di depan tenda. Sambil nunggu angkutan juga sempet melihat penjinak ular, tapi aku ga berniat mencoba deh hehe

Foto tenda

Main ular

Menunggu angkutan

Nggandol truck

Transportasi pulang kami adalah nggandol truck angkatan, yah untungnya aku bisa duduk di depan bersama istri Woldy & anaknya :) Kami diturunin di stasiun tapi KA nya baru nongol entah berapa jam kemudian, jadi yah enggak deh lagian masih mau jalan2 di Bandung. So, nyarter bemo & nyari hotel di kota.